Ekonomi kreatif merupakan gelombang ekonomi baru yang lahir pada awal Abad ke-21. Gelombang ekonomi baru ini mengutamakan intelektual sebagai kekayaan yang dapat menciptakan uang, kesempatan kerja, pendapatan, dan kesejahteraan. Inti ekonomi kreatif terletak pada industri kreatif, yaitu industri yang digerakkan oleh para kreator dan inovator. Rahasia ekonomi kreatif terletak pada kreativitas dan keinovasian.
Kreativitas adalah berpikir sesuatu yang baru, sedangkan keinovasian adalah melakukan sesuatu yang baru. Hasilnya adalah dalam bentuk cara pemecahan masalah baru, metode baru, teknik baru, cara operasional baru, teknologi baru, model baru, desain baru, barang dan jasa baru, merek dagang baru, cara pemasaran baru, cara usaha baru, distribusi baru, strategi baru, pelayanan baru, komersialisasi baru, penampilan baru, serta karakter baru lainnya yang bernilai komersial. Hakikat kreativitas adalah menciptakan sesuatu dari yang tidak ada atau memperbarui kembali sesuatu yang telah ada. Esensi dari kreativitas terletak pada kemampuan menghasilkan gagasan baru, mengerjakan sesuatu dengan cara yang berbeda, dan memiliki pendekatan alternatif baru.
Buku ini dirancang dan disusun untuk keperluan masyarakat luas, seperti akademisi, mahasiswa, pelajar, pengusaha, dan pembaca yang berminat untuk mempelajari usaha-usaha kreatif dalam menciptakan kekayaan intelektual. Materi yang terdapat dalam buku ini dapat dipelajari secara imajiner, karena isinya selain disajikan dalam bentuk uraian dan contoh-contoh juga disajikan secara dialogis.
Anda ingin banyak peluang? Berpikirlah kreatif, yaitu imajinatif, abstrak, dan berobsesi. Kemudian, bertindaklah inovatif, yaitu melakukan sesuatu yang baru dan berbeda.
Daftar Isi: Tentang Penulis v Kata Pengantar vii Daftar Isi ix Bab 1 Evolusi dan Gelombang Ekonomi Baru Bab 2 Konsepdan Konteks Ekonomi Kreatif Bab 3 Modal Dasar dan Aktor Penggerak Ekonomi Kreatif Bab 4 Rantai Nilai dan Model Penciptaan Nilai Tambah Ekonomi Kreatif Bab 5 Industri Kreatif Bab 6 Sumber Daya Ekonomi Kreatif Bab 7 Kondisi dan Faktor-Faktor PembentukKarakter Kreatif dan Inovatif Bab 8 Manajemen Kreativitas Bab 9 Mengelola Ide dan Gagasan Bab 10 Kekayaan Intelektual Bab 11 Pengembangan Ekonomi Kreatif
TENTANG PENULIS
Penulis adalah Guru Besar Ilmu Ekonomi dan Manajemen pada Universitas Pendidikan Indonesia. Lahir di Kuningan, Jawa Barat, 2 Juni 1960. Sarjana lulusan Jurusan Pendidikan Ekonomi Umum IKIP Bandung (sekarang Universitas Pendidikan Indonesia—UPI), dan Magister Sains Ilmu Ekonomi Universitas Padjadjaran (UNPAD) tahun 1992, serta Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung tahun 1999. Beliau sudah menulis beberapa buku yang terbit secara nasional, di antaranya Kewirausahaan: Proses Menuju Sukses (Penerbit Salemba Empat), Ekonomi Pembangunan (Penerbit Salemba Empat), dan Perekonomian Indonesia (Penerbit UT). Buku Ekonomi Kreatif ini, merupakan buku referensi karya tahun 2012.
Penghargaan yang pernah diperoleh: Karya Satya Pengabdian 10 tahun dan 20 tahun sebagai pegawai negeri sipil (PNS); ASEAN Best Executive Awards 2005–2006 dari International Presentation Awards; Nusantara Media Center (NMC) tahun 2005, yaitu penghargaan khusus di bidang manajemen; dan Dewidya Sistha dari Panglima TNI dalam pengabdiannya sebagai pakar bidang sumber daya di Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (SESKO TNI).
|
0 komentar:
Posting Komentar